Sabtu, 28 April 2012

Cara Membuat Pencarian Blog

Setelah saya mengecek darimana pengunjung blog ini berdatangan dan menggunakan kata kunci apa mereka bisa sampai ke blog ini, ternyata saya menemukan salah satu diantara mereka pengunjung blog ini menggunakan kata kunci " membuat script search blogspot " yang kebetulan belum saya postingan mengenenai pembuatannya... Langsung aja dech saya membuat postingan tentang ini.. dan hasilnya sampai saat ini saya masih ngetik, memutar mutar kata dan kalimat untuk membuat artikel dengan bahasa penyampaian yang mudah di mengerti untuk para pengunjung. Tapi apakah saya sudah berhasil membuat anda para pembaca mengerti dengan bahasa penyampain saya..? andalah yang tahu dan bisa menilai, saya berharap anda bisa ngasih masukkan buat saya.. biar tambah semangat... hehehehe..
Nah.. sekarang untuk membuat script search untuk blog adalah hal yang mudah... karena pada dasarnya kita bukan membuat script search itu sendiri, tapi kita adalah sebagai pemakai dari hasil temuan atau buatan seorang programmer yang membuat terlebih dahulu.. terus terang aku mendapatkannya dari hasil mengcopy dari situs lain yang emank sengaja di peruntukkan untuk orang banyak.. yang kebetulan pemiliknya adalah orang bule...
Loh... berarti saya melakukan copy paste dunk.. bener..., saya memank melakukan copy paste.. tapi saya mempublikasikannya ulang dengan menggunakan bahasa penyampaian saya sendiri, bukan meng copy seluruh artikel dan langsung melakukan paste tanpa mengedit sedikit kata kata dari sang pembuat.. ( maaf saya lupa alamat blog yg dulu saya baca artikelnya, yg pasti milik orang bule. coz waktu nemuin artikelnya udah lama banget.. jadi lupa dech.. hehehe.. ) oke.. sedikit masukan bagi para bloggers.. melakuakn atau membuat artikel yang bertemakan sama ataupun membahas tutorial yang sama boleh boleh saja.. tapi kita juga musti menjaga kreatifitas kita dalam mengeblog yaitu dengan membuat kalimat penyampaian tutorial dengan bahasa penyampain sendiri.. ( bukan asal kopi paste, tanpa pengeditan sedikitpun.. ditambah lagi ga mencantumkan alamat asalnya.. hal yang sangat memalukan bagi bloggers jika berbuat tersebut dan yang psti nggak menghargai sebagai sesama bloggers.. ) kita emank pada dasarnya mendapatkan pengetahuan dari orang lain / blog lain, makanya kita sumbangkan kembali ilmu yang lebih duluan kita dapat dari orang lain.. tapi dengan kreatifitas kita sendiri..

Loh loh loh... ko jadi lupa nih ngasih tau cara membuat script search nya... hehehe ... sorry.. sedikit emsoi ih gara2 saya kerap melhat artikel dari blog ini di kopi paste tanpa melakukan pengeditan ulang dan yang parah lagi ga mencantumkan alamat sumbernya... panas tau ga...? hahahahaha..
Udah dech... ni dia scriptnya.. biar ga keburu kabur para pembaca.. hehehe

<form action='/search' id='searchThis' method='get' style='display:inline;'><input id='searchBox' name='q' type='text'/> <input id='searchButton' type='submit' value='Cari'/></form>

taruh kode script diatas kedalam halaman blog anda sesui dengan kemaun anda mau di letakkan di bagian mana... untuk lebih mudahnya anda bisa menaruhnya di bagian sidebar blog anda dengan cara menambahkan gadget baru / ADD A GADGET kemudian pilih yang HTML/Javascript ... dan jika ingin menempatkan tempat yang lain.. silahkan cari referensi dari blog ini dengan menggunakan kotak pencarian disebelah atas atau langsung lewat menu " daftar isi blog " ....
Dan kayak seperti biasanya, silahakn jika ada yang masih bingung anda boleh menanyakanya lewat kotak komentar dibawah ini.. sebelumnya salam sukses dan semoga brhasil...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar